Twitter
RSS

pengenalan sistem informasi (minggu 1 &2)

PENGENALAN PADA MANAJEMEN INFORMASI


Pengertian System informasi manajemen ialah suatu system yang berfungsi untuk memberikan informasi yang dibutuhkan kepada user, dan kita harus bisa mengatur system tersebut agar berjalan sesuai dengan yang kita inginkan..

Tujuan dari system informasi manajemen ialah agar kita dapat lebih baik lagi dalam mengolah system informasi untuk mendapatkan suatu hasil yang lebih baik lagi dan juga dapat mengatur system itu supaya berjalan sesuai dengan yang kita harapkan atau kita inginkan.dan dalam hal ini kita bertindak sebagai manajer / bisa disebut juga dengan orang yang mengatur system.

Sebagai manajer kita harus bisa memanfaatkan sumber daya yang ada agar sumber daya itu dapat di manfaatkan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan / agar lebih efisien. Ada 5 jenis sumber daya yang dikelola oleh manajer yaitu:

1. Manusia
2. Material
3. Mesin (termasuk fasilitas dan energy)
4. Uang
5. Informasi (termasuk data)

Ke-5 sumber tersebut bisa disebut juga dengan sumber daya fisik. Dan manajer di tuntut
harus bisa mengatur dan mengelola sumber daya itu agar bisa lebih efisien. Dalam hal ini
peran manajer sangat dibutuhkan demi mendapatkan sumber-sumber daya yang lebih
berkualitas, maka dari itu keterampilan / skill manajer dibutuhkan. Dan seorang manajer
yang berhasil harus memiliki keahlian, tetapi hanya ada dua keahlian yang mendasar yaitu
keahlian komunikasi dan keahlian pemecahan masalah, pemecahan masalah ialah tindakan
memberikan respon terhadap masalah untuk menekan akibat buruknya atau memanfaatkan
peluang keuntungannya.

Pemecahan masalah sangat penting di karenakan itu dapat mempengaruhi laba dari suatu
Perusahaan, dalam memecahkan masalah seorang manajer akan membuat banyak keputusan,
Keputusan adalah suatu tindakan atau pemilihan suatu strategi.

Komputer dan data juga berperan penting dalam system infomasi manajemen ini
Dikarnakan dalam pengaturan system membutuhkan suatu dukungan alat yang bisa
Mendukung system itu seperti komputer digunakan untuk memperkecil kesalahan pada
System dan data.

Komponen sistem informasi adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi:
a. Sistem Administrasi dan Operasional
Sistem ini melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian personalia, administrasi dan sebagainya dimana telah ditentukan prosedur-prosedurnya dan sistem ini harus diteliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat segera diketahui.
b. Sistem Pelaporan Manajemen
Sistem ini berfungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan-laporan yang bersifat periodik kepada pengambil keputusan atau manajer.
b. Sistem Database
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah.
c. Sistem Pencarian
Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk yang tidak terstruktur.
d. Manajemen Data
Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen sistem informasi dengan database dan antara masing-masing komponen sistem informasi.


Referensi :
http://blog.re.or.id/komponen-sistem-informasi-manajemen.htm
http://webdosen.bl.ac.id/dosen/020004/diktat/sim.pdf = sim pdf

Comments (0)

Posting Komentar